Sabtu, 06 Juni 2020

Sepenggal cerita perjuangan bisa Masuk UGM

Sebuah cerita perjalanan hidupku di UGM


UGM. Universitas Gadjah Mada, yaps begitulah kepanjangannya. Sebuah universitas yang diidam-idamkan bagi penjuang SNMPTN, SBMPTN, UTUL dan jalur lainnya di seluruh Indonesia. Menjadi universitas terbaik adalah predikat yang selalu didapatkannya setiap tahunnya. Menjadi bagian dari UGM adalah satu mimpi besarku yang dengan sekuat tenaga aku harus meraihnya. Gagal di SNMPTN, gagal di SBMPTN, dan ternyata Alloh ingin aku berjuang lebih keras lagi, dan Alloh ingin aku untuk berdoa lebih giat lagi, hingga akhirnya aku menjadi Gamada (Gadjah Mada Muda) UGM yang diterima lewat jalur UTUL.

Karena semua yang spesial tidak instan, itu yang aku dapatkan untuk bisa menjadi bagian dari universitas kebanggan Indonesia ini. UGM, dengar namanya saja sudah terpesona. Gedung rektorat yang kokoh tegak berdiri, yang menjadi spot foto favorit para maba dan wisudawan, atau para pendatang asing dan undangan rektor sebagai icon bahwa "AKU SEDANG DI UGM". Bagi kalian pejuang masuk universitas dan mengidam-idamkan UGM, kalian harus berusaha lebih di atas rata-rata, berdoa lebih di atas rata-rata, dan jangan lupa selalu meminta restu kedua orang tua. Bermimpilah setinggi langit, maka jika jatuh kau masih jatuh di atas beribu bintang. Jangan pernah takut bermimpi, karena bermimpi adalah satu langkah untuk mencapai tujuan masa depanmu.

Aku selalu tidak henti hentinya memberikan semangat kepada para pejuang universitas, karena hanya itu yang bisa dilakukan. Kalau kalian merasa takut bermimpi, berarti kalian kalah sebelum pertarungan. Di dalam mimpi yang kalian inginkan, selalu sematkan Alloh dalam perjuangan itu semua. Biar dilancarkan dan dimudahkan. Dekati Alloh. 

Aku bukan berasal dari SMA favorit yang masuk UGM tinggal pakek raport SNMPTN pasti lulus. Jadi yang namanya perjuangan dan mimpi harus kuselaraskan. Aku gak malu untuk menjadikan logo UGM di hp peganganku jaman itu, hp NOKIA jadul qwerty kamera 1MP dan gaada kamera depannya. Disaat teman-temanku memakai sony, atau bahkan NOKIA yang touchscreen aku tetap setia pake hp itu di masa masa perjuanganku. Aku bukan anak seorang PNS yang bisa mendapatkan diskon 50% bimbel di GO, tapi saat itu Alloh ingin aku berjuang dengan ditemani mentor, sehingga aku mendapatkan kesempatan itu karena sedang ada promosi GO di SMA ku dan mendapatkan free 1 semester bimbingan saat kelas 11 dan diteruskan saat kelas 12 sampai kelar SBMPTN. Kesempatan ini aku gunakan sebaik baiknya dan semaksimal mungkin. Pulang sekolah masih ada les di sekolah, dan selalu aku teruskan untuk mengambil tambahan di tempat bimbel sampe jam 8 malam. Karena aku punya mimpi yang besar, usahaku harus besar. Setiap hari aku targetkan untuk menyelesaikan minimal 10 soal dari setiap pelajaran mata pelajaran di soal SBMPTN. Kalo untuk bhaasa indonesia / bahasa inggris/ TPA mungkin gampang ya 10 soal setiap hari. Tapi kalau untuk biologi, matematika, apalagi fisika wauw sesuatu yang harus dikerjakan secara keras dan bahkan tidak bisa menemukan jawabannya dalam satu hari itu. Tapi namanya harus konsisten dan istiqomah, kebiasaan ini sangat membantuku untuk terbiasa menghadapi soal soal susah ini. Bayangkan saja, dalam 1 bulan kamu bisa mengerjakan dengan baik 300 soal per mata pelajaran. Hal ini tentu lebih baik daripada 1 hari mengejar mengerjakan 3 paket soal, tapi setelah itu vakum dalam seminggu. 

Saking pengennya/obsesiku masuk UGM, dulu hal favoritku setiap weekend adlaah touring UGM via youtube atau gambar google. Wkwkkw... ya namanya anak desa yang ingin kuliah di universitas impian. Ya apapun itu kalau bisa menunjang dan menguatkan mimpiku bisa masuk kesana, akan kulakukan. Kemudian jika kalian mungkin khawatir UKT mahal dsb di UGM, tapi yang terpenting itu fikirkan saja trakhiran. Krena hal terpentingnya adalah kalian bisa masuk UGM dulu, masalah biaya waw beasiswa di UGM itu sangat buuuuanyak sekali. Kalian bisa apply sesuai keinginan kalian. Intinya jangan khawatir kalo masalah biaya di UGM. Bahkan UGM juga ada parttime gitu. jadi kalian bisa nambah nambah uang jajan.

UGM asyikkk... selain semua fasiilitasnya sangat oke dan menunjang perkuliahan, gedungnya juga keren. Nggak lupa, karena berada di jogja, di kota yang nyaman, kental dengan tradisionalnya dan kental dengan kedamaiannya, UGM menyediakan lingkungan kampus yang luar biasa enaknya. Mau jogging ke GSP atau lembah, terbebas dr polusi dan tanamannya serta apapunnya dijaga dengan rapi. Maintenance nya mantep deh. Masjid kampus yang nyaman, organisasi kampus yang banyak dan bervariasi. Pokoknya enak deh heheee Ayo semangat masuk UGM. Punya mimpi yang tinggi, jangan malu untuk mengatakan ke semua orang bahwa ingin masuk UGM, dan mintalah doa ke mereka semua. 
Semangat calon GAMADA!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar