Senin, 12 Januari 2015

The Dreamland of Tulungagung : Pantai Sanggar

KEPUTUSAN AKHIR : PANTAI SANGGAR

Liburan telah tiba, namun belum terencana harus liburan kemana. Pengen banget ke Surabaya, dan kebetulan ada yang nawarin ngajak kesana. Yeyeyyeyeee.... Ada bulek,ada juga mbak wheny (salah satu teman pondokku). Minggu pertama liburan terlewati begitu saja, tanpa ada dolan-dolan, karena hari-hari ini bertepatan dengan ujian semesteran di pondok. Hwaaah sayang banget.
Pas lagi maknani kitab
          Aku akhirnya memilih untuk berangkat liburan ke Surabaya ikut Mbak Wheny, karena dalam pikiranku nanti kalau ikut bulek malah ngrepotin, belum tentu ada yang bisa nganter ke tempat-tempat wisata. Setelah rencana liburan ke Surabaya telah terencana dengan mbak wheny, rencananya kita nanti berangkat hari Senin(minggu kedua liburan) trus muter-muter tempat wisata di Surabaya sepuasnya (tapi milih yang masuknya murah-murah saja, maklum kantong pelajar.heheee). nah, kebetulan juga Lia,saudara Mb Wheny yang lagi sekolah di Djarum Bogor pulang dan dia mau berkunjung ke House of  Sampoerna di Surabaya

Ini nih The House of Sampoerna
Untungnya begini, kita bisa keliling kota Surabaya maksimal ke 3 tempat menggunakan bis nya Djarum. Gimana? Enak kan? Hoohohooo... dan rencana untuk nginep di rumahnya tantenya Mb Wheny.
Nah ini Bisnya Sampoerna

Rencana udan tertata matang-matang. H-2 dari keberangkatan ternyata Mb Wheny membatalkan niatannya untuk ke Surabaya, dengan alasan keluarga sana pada keluar semua. Jadi alhasil... aku pun ndak jadi bisa liburan ke Surabaya. Sedih tau nggak ... tapi gpp, untung saja hari Ahad kakakku dan teman-temannya mau travelling ke Pantai Sanggar Tulungagung. Akhirnya pun ibukku merekomendasikan biar aku ikut. Yess... ndak jadi sedih deh. Yeyeyee akhirnya keturutan bisa pergi ke pantai.

Pantai yang akan kita kunjungi

Pantai sanggar merupakan salah satu pantai yang ada di Tulungagung, dan kabarnya pantai ini dijuluki Dreamland of Tulungagung. Semakin penasaran aja tentang pentai ini, karena sebutannya yang secara tersirat menunjukkan bahwa pantai itu indah banget. Pantai ini lebih jauh dari pantai popoh maupun pantai prigi. Ya’... kita harus melewati kota Tulungagung-Campurdarat-Tanggunggunung-/?. Kebayang jauuuh banget, dulu aja pernah ke campurdarat, nih pantat udah panas banget,ngebayangin itu masih jauh lagi, sampek di campur darat itu masih dapet setengah perjalanan.

Sip... hari Ahad kita berangkat. Janjiannya sih jam 6 berangkat, orang Indonesia .. biasa jam karet. Moloooooor n jam set 8 baru berangkat. Ada 17 anak yang ikut, termasuk aku. Yeyeee mulai touring. Namanya masih ada yang belum pernah kesana, jadi kita menggunakan GPS (dunia makin canggih aja). Hahhaa tapi sering juga keblanjur dan akhirnya tanya-tanya ke GPS(Gunakan Penduduk Setempat) juga. Jalanan begitu lancar, muluus ya seperti layaknya jalan ke pegunungan, berlika-liku dan naik turun. Tapi ternyata kenikmatan menikmati jalanan lurus ini terhenti setelah jarak 20km an dari pantai Sanggar. Jalanan rusak, banyak yang bolong-bolong,aspalnya pada copot, banyak batu-batuan tergeletak dan jalannya masih naik turun juga. Motor ngeden puuooool dan rem juga sampek panas mungkin. Huft memang bisa dibilang travelling ini menuju pantai perjuangan bukan pantai sanggar.
Perjuangan belum selesai, nyampek di pintu masuk pantai sanggar, tidak ditarik karcis sih alias gratis.
Pintu masuk Pantai Sanggar
Wiihhhh nympek sana jalanan menuju pantai hanya ada lantai papingan 1 m. Jdi kalau nggak tegen naik motor, bisa-bisa nyusup jatuh ke bawah. Sungguh ngeri banget... akhirnya kita memutuskan menitipkan motor, emang seharusnya gitu,soalnya gak mungkin juga kalau harus menaiki motor sampek ke pantai.
Jalanan paping
Jalanan masih alami, bletok dan banyak kubangan air. Kita pun menaik turuni bukit ada sampek hampir 4km an. Panas, haus, kaki teklok sangat setia menemani. Namun ini semua bisa terobati ketika melihat ciptaan Allah yang sangat indah. Pemandangan indah, suasana masih alami, pantainya pun juga tidak kotor. Di perjalanan aku terpeleset, alhasil baju dan celanaku jebrot lumpur. Apene berdiri,kepleset lagi,begitu seterusnya.

Tuh di belakang udah kelihatan pantainya

Sesampainya di pantai aku langsung menyerbu ombak, teman-teman tadi pada ganti baju dan nyemplung ke pantai. Sungguh segarnyaaa... ombaknya sangat guede, beberapa kali aku terseret ombak, untung aja kaki ini bisa nahan. Kalau nggak, gak tau deh jadinya gimana. Pantai ini memang patut diberi nama Dreamland of Tulungagung. Pantainya bagus,jalanan menuju kesananya juga penuh liku-liku,namun setelah berhasil sampai disana,kita bisa menikmati keindahan pantai yang masih asri dan alami,dan belum terjamah banyak orang.

Langsung serbuuu pantainyaaa...
Kami sampai di pantai tepat pukul 11.15 artinya perjalanan kita telah menghabiskan waktu 3 jam lebih 45 menit. Amazing amazing amazing... disana aku berusaha memperbanyak foto2 buat kenangan.heheee biasa anak narsis. Jam 1 lebih air mulai pasang, air sudah mencapai tempat kita berteduh tadi. Kita memutuskan untuk ambil foto bersama disini.

Wajah wajah udah terlalu capek tapi seneng
Setelah itu perjalanan kembali ke tempat parkir motor tadi... hwaaahhh jalanan pulang menanjak. Udah panas,jalan menanjak. Aduuuhhh berhasil membuat wajahku merah kehitaman.
          Perjalanan pulang kita sholat dhuhur dan ashar dulu di perjalanan,setelah itu mampir di alun-alun Tulungagung.
Abis sholat ... hahaa ketawa gara2 kak Abid (cwok yg klhatan gentle) ternyta nawarin aku eskulin. itu kan punyanya cewek.hhahahaa

Jika dibanding kediri, masih bagusan sini. Ada burung daranya, bagus lah pokoknya. Beda jauh... seetelah itu kami mencari makan di dekat alun-alun,nasi goreng.
Dan tepat pukul 17.15 kita pulang ke rumah.
Alhamdulillah  liburan kali ini diajak ke pantai,rasanya udah seneng banget. yeyeyee