Senin, 12 Januari 2015

Resensi Buku “Rahasia Manfaat Al-Qur’an dan As-Sunnah: Untuk Penyembuhan Penyakit Fisik dan Mental”


Resensi Buku “Rahasia Manfaat Al-Qur’an dan As-Sunnah: Untuk Penyembuhan Penyakit Fisik dan Mental”



                Judul              : Rahasia Manfaat  
                                         Al-Qur’an dan
                                         As-Sunnah: Untuk
                                         Penyembuhan 
                                         Penyakit Fisik dan 
                                         Mental
Penulis             : A. Shauqi Abdurrahman
Penerbit           : Pustaka Marwa
Halaman          : 194
Cetakan           : 1
Tahun Terbit    : 2009

A. Shauqi Abdurrahman adalah seorang ustad yang lahir pada tahun 1974 di Selangor, Malaysia. Beliau bersekolah di SMK Agama Al-Irshad tahun 1987-1991, kemudian melanjutkan di Yarmouk University, Jordan tahun 1992-1996 dan memperoleh ijazah sarjana pengajian Islam dari University Syariah Islamiah tahun 2001. Beliau juga terlibat dalam mengendalikan ceramah agama dan motivasi di TV. Dalam bidang penulisan, menjadi kolumnis dalam beberapa majalah seperti : Solusi, Fardu 'Ain, Al Ustad dan lain-lain di samping menghasilkan buku-buku umum dan sekolah.
Setiap manusia tidak bisa lepas dari doa. Doa yang dipanjatkan kepada Allah berisi permohonan untuk mengatasi permasalahan yang ada. Banyak buku yang membahas pasal-pasal tentang doa. Salah satunya adalah buku karya A. Shauqi ini. Buku ini berisi tentang doa-doa dari Al Quran dan As Sunnah beserta penerapannya. Doa-doa yang ada dapat diterapkan untuk memecahkan berbagai permasalahan seperti untuk penyembuhan fisik dan mental.
Dalam bab pertama penulis menerangkan tentang perintah berdoa. Doa merupakan senjata umat muslim yang harus selalu dilantunkan. Dalam Hadits pun dikatakan bahwa Allah Swt sesuai dengan persangkaan hamba-Nya. Maksudnya, bahwa jika manusia berprasangka baik kepada Allah, maka Allah pun akan rida terhadapnya. Allah akan selalu ada bersama hamba-Nya. Allah pasti akan mengabulkan doa setiap hamba-Nya yang bertakwa. Oleh karena itu, berdoa merupakan hal yang sangat penting bagi umat muslim kapanpun dan dimanapun.
Bab kedua membahas tentang adab dalam berdoa. Doa merupakan permohonan manusia kepada Tuhannya. Oleh karena itu, terdapat beberapa adab dalam berdoa. Penulis menuliskan tentang adab berdoa menurut Al-Imam Abd. Hamid Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin. Kitab ini menyatakan ada sepuluh macam adab berdoa.
Bab ketiga berisi tentang macam-macam doa untuk kesehatan jiwa dan raga. Penulis menerangkan berbagai macam doa yang berkaitan dengan kesehatan jiwa dan raga. Pada bab ini dituliskan 27 macam doa untuk mengatasi berbagai macam permasalahan, diantaranya doa untuk kesehatan badan, berlindung dari segala macam penyakit, menghilangkan kesedihan, dan lain sebagainya.
Dalam bab keempat, penulis mengemukakan contoh-contoh penggunaan (penerapan) Al-Quran, dalam suatu surat atau beberapa ayat sebagai perisai gangguan makhluk jahat. Penulis juga menyertakan hadits-hadits nabi yang menjadi dasar pengambilan doa dalam Al-Quran sebagai benteng diri, juga beberapa nama makhluk jahat yang sering mengganggu manusia.
Pada bab kelima dijelaskan tentang berbagai macam penyakit yang sering diderita oleh manusia sekaligus dengan cara penyembuhannya. Yaitu dengan menggunakan ayat-ayat yang terdapat di dalam Al-Qur’an seperti ayat kursi , Al-Fatihah dan sebagainya.
Di dalam bab enam dijelaskan berbagai macam cara penyembuhan yang pernah dilakukan Nabi Muhammad semasa beliau masih hidup. Bab ini berisi tentang ayat-ayat Al Quran yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit disertai cara menerapkannya. Penyakit-penyakit yang dapat disembuhkan dengan bantuan ayat-ayat Al Quran antara lain penyakit yang asalnya dari guna-guna, penyakit hati dan sebagainya.
          Fakta bahwa Al-Qur'an mampu menjadi obat (penawar) bagi orang-orang beriman tidak terbantahkan lagi. Dalam kajian ini menunjukkan bahwa Al-Qu'an memiliki pengaruh positif yang dapat menurunkan ketegangan (stres). Uniknya melantunkan atau mendengarkan ayat-ayat Al-Qur'an dapat meredakan ketegangan otot pada tubuh tanpa harus mengetahui makna kata-kata itu sendiri. Buku ini lebih spesifik mengungkapkan doa-doa yang bersumber dari Al-Qur'an untuk berbagai kepentingan, seperti penyembuhan penyakit hati maupun fisik. Dalam pembahasannya, juga menyuguhkan sumber-sumber berupa hadist atau sunnah nabi Muhammad SAW.
Pada dasarnya, segala penyakit itu ada obatnya, baik penyakit jasmani maupun rohani. Obat dari segala penyakit terdapat di dalam Al Quran. Apabila hati manusia sudah bersatu dengan kemuliaan Al Quran, maka hatinya senantiasa diselimuti hawa positif yang dapat menghilangkan dan menyembuhkan segala macam penyakit. Penyakit itu datangnya dari Allah, apabila manusia ingin sembuh dari penyakitnya maka bertakwalah dan berdoalah kepada Allah niscaya Allah akan mengangkat penyakit itu.
Buku ini berisi hal-hal yang bermanfaat bagi pembaca yang beragama Islam. Penulis menyampaikan materi dengan bahasa yang lugas sehingga mudah dimengerti oleh pembacanya. Penulis ingin menyampaikan bahwa segala penyakit pasti ada obatnya. Obat dari segala penyakit itu ada di dalam Al Quran. Kemasan buku ini dibuat seperti buku saku yang mudah dibawa dan praktis. Poin-poin yang disediakan penulis juga dicantumkan dalam daftar isi untuk memudahkan pembaca ketika ia mencari bacaan doa.
Akan tetapi, didalam buku ini materi yang disampaikan oleh penulis tidak disertai penggunaannya pada kehidupan Nabi maupun Khalifah. Beberapa bacaan berbahasa Arab juga disampaikan dalam ejaan latin seperti pada buku EYD halaman 63 sehingga dapat terjadi kekeliruan dalam pembacaan bagi orang awam.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar