Kamis, 04 Juni 2020

Pengalaman Seleksi ODP Bank BNI

Menjadi bagian kelompok tim setelah wisuda memang menyenangkan tetapi juga membuat kepikiran juga. Pertanyaaan berkelebat ingin kerja dimana, di perusahaan apa, ambil posisi apa terus menerus menghantui. Tetapi tetap berusaha dan berdoa menjalani kehidupan pasca wisuda. Karena saat ini kamu sudah tidak berada pada zona nyamanmu. Kamu mempunyai tanggungjawab yang lebih berat. Semua jobfair didatengin, lamaran online dilakuin, apply via email dikerjakan, yaa itu semua untuk mendapatkan pekerjaan. 

Aku... sebagai lulusan Fisika juga masih bingung harus kerja apa dan dimana. Fresh graduate nothing to lose. Yang penting jangan pernah berhenti belajar.

Aku telah melalui 2 seleksi ODP Bank. Satunya bank konvensional dan satunya lagi bank syariah, di bank induk yang sama, sebut saja BNI. 

Bank BNI ini ku apply via Kalibrr, jauh sebelum wisuda. Bahkan pas ada pengumuman itu sampe lupa kapan daftarnya. Aku apply ODP BNI bulan Juni 2019 dan baru pengumuman tes kelanjutannya itu September, beberapa hari setelah aku wisuda dan kukerjakan di Kediri. Tes awal psikotes dan kepribadian. Layaknya psikotes biasa tapi online, ada angka angka dan kata-kata. Itung-itungannya lumayan mikir, tapi insyaAlloh kalo udah terbiasa bakalan gampang.

Tes selanjutnya LGD (Leaderless Group Discuccion) dan Interview HRD yang kebetulan dilakukan di Semarang. Jadi yang dari jogja harus otw Semarang buat ngikutin tes ini. Kebanyakan memang dari UNDIP dan UGM, dan jurusannya juga macem-macem, yang pasti kebanyakan ekonomi, manajemen, akutansi, hukum, tapi tenang ada juga kok yang dari kehutanan. Sebelum tes dimulai, kita dikumpulin dulu di satu ruangan dan dibagi ke beberapa kelompok untuk LGD. Di awal dijelasin mengenai program ODP ini, mengisi beberapa formulir dan membawa materai, trus yang paling penting diingatkan di awal adalah tidak boleh ada hubungan keluarga yang kerja di BNI. Jika ada dipersilahkan meninggalkan ruangan saat itu juga.

LGD ini seperti FGD. Ada kasus trus diskusi. Satu kelompok ada 7-10 orang acak. Disitu dikasih kasus (kebetulan kemarin case nya bahasa indonesia dan ada beberapa lembar). Satu grup ada satu HRD yang mengawasi. Di LGD ini jangan terlalu dominan, berlakulah sebaik-baiknya dan berikan argumenmu dengan tata krama, dan jangan memotong pembicaraan. Kita disuruh baca dulu trus baru diskusi. Ada satu temen yang inisiatif jadi moderator trus kita jalanin tu diskusinya hingga menjawab pertanyaan yang ada disitu.

Setelah LGD, langsung interview HRD satu-satu. Di interview HRD ini ditanyain tentang dirimu, aktivitas selama kuliah, kesibukan selama kuliah, prestasi yang pernah diraih, kelebihan kelemahan, kenapa milih perusahaan itu, apa kontribusimu disini, apa skill mu, yang pasti All about You. Walaupun pertanyaan hanya tentang diri, tetapi tetap butuh persiapan. Jangan bondo nekat. wkwkkw Lebih banyak latihan akan semakin membuat lebih mudah untuk mengutarakan. 

Setelah 2-3 minggu, diumumin hasil interview user. Di interview user ini kalian akan diwawancarai oleh user, orang yang akan memakai jasa kalian, kemampuan kalian dkk. Di user selain juga masih ditanya tentang informasi pribadi, juga ditanya kira-kira minat di divisi bagian apa, pengalaman kuliah yang menunjang pekerjaan di Bank, skill yang mungkin diunggulkan, dan beberapa studi kasus studi kasus. Baik di LGD maupun di User pelajari isu bank atau isu dunia yang lagi hitz saat itu. Pas aku kemarin ada mbahasnya tentang Financial Technology dan UMKM. Dengan beberapa persiapan hasil membaca, kalian bisa lebih mudah untuk menjawab pertanyaan.

Seleksi akhir di Bank BNI adalah Medical Check Up. Untuk pendidikan jika lolos akan dilaksanakan selama 6 bulan di Jakarta. Semoga sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar