Sabtu, 01 Maret 2014

Oleh oleh "Tafsir J"

Sabtu, 1 Maret 2013

Tafsir Jalalain merupakan suatu kitab tafsir dari Al-Qur'anul Karim yang dimaknani pakek bahasa jawa.hohoho...
malam ini tepat kelasku jadwalnya pelajaran ini.
Kitab Tafsir Jalalain
Meskipun pertemuan hanya 1 jam gk sampek buat hari ini, tp Alhamdulillah bisa dapet ilmunya. Bahasan kali ini 2 ayat setelah ayat kursi di juz 3.
Mari kita Simak :
1. Agama Islam bukanlah agama penuh paksaan. Indonesia pun mengakui kebebasan individu untuk menentukan agama yang dianutnya. Jika Allah menghendaki, Allah bisa mengIslamkan semua umat di dunia. tp Allah tidak menghendakinya. Itulah kuasa Allah. Allah Maha membolak balikkan hati hambanya . 
2. Tingkatan2 tasawuf :
     a. SYARI'AT : kita mengetahui ilmu agama, hukum hukum agama. seperti : tata cara sholat,tata cara berwudhu dll,,.Namun syari'at belum ada artinya kalau tidak diamalkan. maka ada yg namanya THORIQOT
    b.  THORIQOT : mengamalkan syari'at
    c. HAQIQOT : Laa haula Walaa quwwata illa billah... seseorg yg sdah mmpu mrsakan n mykini bahwa ini semua tak akan terjadi kecuali karna kehendak dan pertolongan Allah

Imam Ghozali menuturkan perumpamaan ttg Maqom IHSAN / HAQIQOT :
Seperti seorang yang sedang mencari intan. 
Taukah anda dimana letak Intan tsb? 

intan permata yang mahal harganya tersebut terletak di tengan samudra sana. dan apabila kita ingin mencapai kesana, maka kita butuh perahu. Perahu inilah yg dinamakan SYARI'AT. setelah seseorang btsb berusaha untuk mencapai tengah samudra, dan sampai. maka mau tidak mau org tsb harus meninggalkan perahunya untuk menyelam ke dalam laut. momen ini bisa dikatakan ISTIGROQ yaitu merasa bahwa dia sudah dekat, dan ingin menggapaiNya. Terasa hati tertarik kepada Allah, inilah yang dinamakan HAQIQOT.

3. Dunia merupakan kesenangan yang membujuk
   Tidak ada nikmat di dunia ini yang sempurna. maka janganlah terlalu membangga-banggakan ttg dunia. dunia ini hanya bersifat sementara.
Pecayalah bahwa orang yang ahli ibadah + banyak mendekatkan diri kepada Allah akan lebih kuat,lebih tangguh  menghadapi cobaan dari Allah dibandingkan dengan orang yang tidak bisa mendekatkan diri kepada Allah, akan mudah FRUSTASI kata orang NGIJO PATAH HATI kata orang TEKENUWUNG dan SUTRIS kata orang WINONG

Maka, carilah kesenangan yang ABADI.yaitu seneng pada Allah Swt. 
Orang hidup haruslah senang pada yang membuatnya hidup. Karna kalau udah namanya seneng, mau diapakan aja pasti nggak akan ngeluh, marah n ngersulo kan? 
Seperti kalau kalian sayang sama ortu kalian, diutus nyapo ae akan dijalankan. Siap komandan! itu kata adikq :D
Bagaimana cara agar kita senang?
Seperti pepatah bilang "Tak kenal maka tak sayang". Maka kenallah Allah, melalui sifat2Nya,kekuasaanNya dan keagunganNya. Bersyukurlah kita telah diberi Iman oleh Allah SWT. 
:) 
H.Imam Hambali Haromain


Tidak ada komentar:

Posting Komentar