Kamu pernah nggak sih ngerasa harus banget belajar... tapi kok rasanya
maleees banget buat mulai? Atau sebaliknya, kamu pernah nggak sih, tiba-tiba
pengen aja belajar sesuatu tanpa harus disuruh sama siapapun? Sebenernya dari
mana sih sumber motivasi kita supaya kita mau belajar?
Di tulisan ini, Aku mau ceritain apa sih yang bikin seseorang itu bisa
termotivasi untuk melakukan sesuatu, termasuk termotivasi untuk belajar.
Sebenernya, motivasi yang bagus itu bisa muncul dari dalam tanpa perlu ada
dorongan dari luar untuk melakukan itu. Tapi, masih banyak orang yang berpikir
kalau motivasi harus dateng dari luar. Coba aja kamu perhatiin, berapa banyak
temen-temen kamu yang suka ngomong gini:
“Aku ngerasa kekurangan motivasi nih”
“Kakamu Aku dikasih duit buat belajar, Aku semangat deh belajarnya”
“Pacar Aku harusnya lebih memotivasi Aku buat belajar nih”
“Bokap dan nyokap Aku nggak nyuruh Aku belajar sih, Aku jadi main mulu deh”
“Lagi nggak ada PR, males banget belajar kakamu nggak ada PR”
“Ulangan masih lama, jadi males deh belajarnya. Nanti aja pas mau ulangan
baru belajar"
Kebanyakan orang berpikir kalau kita cuma bisa termotivasi dengan adanya
dorongan dari luar. Contohnya seperti yang disebutin di atas; Mulai dari
hadiah, diingetin pacar, diingetin sama orang tua buat belajar, dikasih PR,
dipaksa belajar supaya nilai ulangan bagus, dll. Sebenernya, yang namanya
motivasi belajar itu nggak harus dateng dari hal-hal kayak gitu. Justru kalau
kita terbiasa termotivasi dengan reward-reward dari luar untuk belajar, kita
malah kehilangan fun dari belajarnya itu sendiri. Sementara kalau kita terbiasa
termotivasi dari dalam, efek dari belajar ini bisa berlangsung seumur hidup,
dan kamu jadi ketagihan belajar seumur hidup kamu; nemu ilmu baru itu kayak
nemu mainan baru, rasa senengnya nggak ilang-ilang. Serius Aku
Supaya lebih kebayang apa yang lagi Aku omongin, Aku akan cerita tentang 5
level motivasi; Mulai dari yang paling rendah, yaitu yang paling butuh kontrol
dari luar (otonomi paling rendah), sampai motivasi yang paling tinggi, yang
sama sekali nggak butuh kontrol dari luar (otonomi paling tinggi). Ini
sebenernya bagian dari Self-Determination Theory yang digagas oleh Edward
Deci.
Level 0. Amotivated
Untuk yang level 0 ini, nggak perlu dibahas lah ya. Ini level paling
rendah, kondisi di mana kamu tidak termotivasi untuk belajar.
Level 1. External
Contoh motivasi eksternal itu adalah, "Aku mau belajar karena Aku akan
dikasih duit sama orang tua Aku". Dorongan utama motivasi eksternal ini
adalah reward dari luar, biasanya rewardnya ini nggak ada hubungannya sama
sekali dengan belajarnya itu sendiri. Motivasi jenis ini merupakan motivasi
yang paling membutuhkan kontrol dari luar: Butuh ada orang yang
"nyogok" lu untuk belajar supaya lu mau belajar. Tingkat otonominya
paling rendah.
Level 2. Introjected
Contoh motivasi jenis ini adalah, "Aku mau belajar demi orang tua Aku".
Pernah nggak sih kamu dikasih motivasi dengan diomongin gini: Bayangin orang
tua kamu udah ngelahirin elu, ngerawat lu dari kecil sampe sekarang, ngasih
makan, bawa kamu ke sekolah biar pinter, dll. Mereka pasti pengen kamu lulus,
masuk PTN yang bagus, dll.
Pada level ini, alasan kamu belajar adalah untuk orang lain, bukan untuk
diri kamu sendiri. Jadi, masih membutuhkan kontrol dari luar, meskipun nggak
setinggi Motivasi Eksternal (level 1). Tingkat otonominya sudah mulai ada
sedikit.
Level 3. Identified
Pada level ini, kamu udah bisa melakukan identifikasi bahwa apa yang kamu
pelajari itu berkorelasi langsung dengan nilai kamu di sekolah. Jadi kalau kamu
belajar supaya dapet nilai yang bagus atau dapet ranking, kamu udah ngerasain
motivasi level ini.
Di level ini, kamu udah belajar untuk diri kamu sendiri. Kontrol dari luar
sudah berkurang dibanding level 2, tapi masih ada: nilai atau ranking.
Level 4. Integrated
Di level ini, kamu bisa melihat lebih jauh lagi tujuan kamu belajar: Kamu
belajar karena pengen jadi ilmuan/dokter/pelukis/koki/dll, karena pelajaran ini
nanti berguna buat karir kamu, pengen pinter, pengen berguna buat masyarakat,
dll.
Motivasi level 1 sampai level 4 ini adalah motivasi ekstrinsik, di mana kamu
termotivasi untuk belajar karena sesuatu di luar belajar itu sendiri. Di antara
motivasi ekstrinsik lainnya, Integrated (level 4) ini adalah bentuk motivasi
yang paling sedikit membutuhkan kontrol dari luar. Kamu udah punya kesadaran
sendiri tentang kenapa kamu pengen belajar, sehingga tingkat otonominya juga
lebih tinggi dibanding level 1-3.
Level 5. Intrinsic
Nah, jenis motivasi intrinsik ini lah yang tingkat otonominya paling
tinggi, dia nggak membutuhkan kontrol dari luar. Karena di level ini, kamu
ngerasain bahwa belajar itu fun, bikin kamu seneng banget ketika kamu
bener-bener ngerti sama apa yang dipelajari.
Kamu bayangin the best game yang pernah kamu mainin. FIFA? PES? Angry
Birds? DOTA? GTA? Catur? Silent Hill? Kenapa kamu termotivasi banget main itu
semua? Padahal, kamu nggak diiming-iming sama nilai, nggak dikasih duit juga
untuk main game-game itu, kamu main game juga bukan demi orang tua kamu, dll.
Pokoknya kamu pengen aja main game itu karena: fun. Nah, sebenernya dari
mana sumber “fun”-nya ini? Pertama, kamu melakukannya karena nggak ada paksaan
dari luar. Selain itu, ini yang sangat penting, kamu ngerasa ketika kamu main
game tersebut, kamu bisa ngelewatin berbagai challenge yang ada di situ.
Dalam belajar, ini juga bisa terjadi. Kalau dorongan belajar kamu itu
muncul dari dalam, justru mungkin banget kamu ngerasa kalau belajar itu “fun”.
Reward dalam belajar itu yang paling kuat itu bukan ketika kita dapet nilai 100
di sekolah. Reward dalam belajar itu adalah ketika kamu bisa bilang “Anjir
Aku ngerti banget konsepnya!!!”.
Lima level motivasi ini bisa kita rangkum jadi gambar di bawah ini:
OK. Berikutnya kalau kamu udah tau kalau motivasi intrinsik itu penting,
terus gimana kita bisa mencapai itu? Well, mulainya nggak harus langsung
termotivasi secara intrinsik. Bisa aja kamu mulai dari level 3 or 4 dulu.
Awalnya kamu termotivasi supaya bisa dapet nilai yang bagus di sekolah, atau
termotivasi untuk bisa lulus PTN dan masuk jurusan di kampus idaman lu. Mulai
dari situ udah lumayan bagus. Tapi trik berikutnya adalah: Jangan belajar
cuma untuk bisa jawab soal. Karena kalau kamu belajar cuma untuk bisa jawab
soal, kamu akan berpikir untuk nyari trik-trik ngerjain pake rumus cepet lah,
ngafalin pake jembatan keledai lah, dan sebagainya. Belajar dengan cara ini
nggak akan bikin kamu termotivasi secara intrinsik, yang ada malah kamu eneg
banget sama pelajaran itu gara-gara banyak banget yang harus dihafal.
Nah, jadi supaya kamu nyampe ke motivasi level 5, awalnya kamu harus
belajar dengan nge-push diri kamu semaksimal mungkin sampe bener-bener
ngerti konsepnya. Pas kamu bisa bener-bener ngerti, itu rasanya asik
banget, men. Berikutnya, ketika kamu ketemu challenge lagi, kamu push
lagi diri kamu sampe bisa, sampe bener-bener ngerti konsepnya. Berkali-kali
kayak gitu, nantinya kamu akan ngerasa kalau effort kamu untuk ngerti konsep
itu makin lama makin enteng.
Sebenernya sama aja kayak main game. Bayangin game yang dulunya kamu nggak
bisa, terus sekarang kamu jago banget. Game apa aja; PC Games (DOTA, AOE, The
Sims, dll), Console Games (FIFA, PES, dll), Tablet Games (angry birds, temple
run, dll), Catur, Kartu, Sepak Bola, Bola Basket, Tenis, Bulutangkis, apa aja
deh. Awalnya kamu nggak bisa apa-apa, terus kamu mulai belajar dari yang
simple-simple, terus kamu bisa, seneng kan rasanya? Nah, terus kamu main lagi,
pelajarin game-nya, sampe kamu jago. Kenapa kamu mau susah-susah pelajarin game
itu sampe kamu bisa jago? Karena motivasi kamu untuk melakukan itu semua
datangnya dari dalam diri kamu sendiri.
Nah, belajar tuh juga gitu. Kalau kamu udah ngerasain “fun”-nya belajar, kamu
akan ketagihan untuk pengen belajar layaknya ketagihan main game
That's All tentang motivasi kali ini. ohohoohoh.... Ayo mulai belajar dengan fun, pasti seru deh. yeyeeee
Mulai tanamkan ini pada hati kalian :) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar